Bisnis online pada dasarnya sama dengan bisnis offline (tanpa bantuan koneksi internet). Bisnis apapun itu pasti mempunyai risiko tersendiri dan kesuksesannya ditentukan oleh kemampuan pebisnis dalam mengubah peluang menjadi keuntungan. Namun, hanya sedikit orang mampu meraih keuntungan dari bisnis online. Alasan utamanya, mereka tidak mengetahi aturan main dalam berbisnis di internet. Meskipun sama-sama berbisnis, internet mempunyai aturan main tersendiri dan tidak boleh diabaikan oleh setiap pebisnis. Inilah sepuluh penyebab kegagalan utama dalam berbisnis online.
1. Malas belajar
Jangan anggap bisnis tidak ada kaitannya dengan proses belajar. Bisnis membutuhkan pembelajaran untuk mencapai sukses. Kesukesan pebisnis ditentukan oleh tekadnya dalam mempelajari sesuatu yang baru dan menerapkannya dalam bisnis. Perlu diketahui, hidup akan menjadi statis atau bahkan memburuk jika kita berhenti belajar.
2. Ketinggalan informasi
Internet adalah dunia yang berubah cepat. Trend-trend baru terus bermunculan dengan cepat. Jika Anda ketinggalan informasi, bersiap-siaplah untuk gulung tikar dan mengakhiri bisnis online Anda. Untuk mengantisipasi penyebab kegagalan ini, luangkan waktu khusus untuk mencari informasi terbaru seputar trend di dunia maya.
3. Modal tidak memadai
Dalam bisnis apapun, modal sangat diperlukan. Modal yang dimaksud di sini adalah keahlian dari pebisnis itu sendiri, terutama dalam mengubah peluang menjadi uang. Jika pebisnis malas mempelajari sesuatu yang baru, dia tidak akan mempunyai modal yang cukup untuk berbisnis online.
4. Kurangnya perhatian terhadap marketing
Bisnis online berkaitan sangat erat dengan internet marketing. Untuk mepermudah jalannya bisnis Anda, luangkan waktu untuk belajar internet marketing dari para ahlinya dan bergabunglah ke forum tersebut untuk mendapatkan lebih banyak ilmu.
5. Kurangnya pemahaman terhadap trend pasar
Jika seseorang ketinggalan informasi, dia tidak akan memahami perubahan atau peristiwa yang terjadi di tempat tertentu. Untuk memahami trend pasar dan gaya hidup konsumen yang terus berubah, Anda harus siap untuk mengakses informasi baru setiap hari.
6. Kurangnya inovasi
Setiap era punya tantangan tersendiri dan inovasi baru terus dihadirkan untuk menghadapi tantangan tersebut. Jika Anda tidak bisa menghadirkan inovasi baru pada produk atau jasa yang ditawarkan, sangat kecil kemungkinannya untuk sukses.
7. Tidak ada ide kreatif
Produk atau jasa dengan sentuhan ide kreatif lebih mudah untuk diterima konsumen. Mereka hanya tertarik pada produk tertentu yang mempunyai faktor pembeda di pasaran.8. Promosi kurang maksimal
Dalam berpromosi di internet, jangan hanya mengandalkan pada fitur gratisan. Sesekali, keluarkan sedikit uang untuk melakukan kegiatan promosi baik melalui iklan PPC atau jasa promosi lain yang sudah dikenal baik pengguna internet.
9. Tidak mengetahui kebutuhan konsumen
Pebisnis yang tidak memahami kebutuhan konsumennya harus siap-siap untuk gulung tikar. Bisnis pada dasarnya bertujuan untuk menawarkan produk atau jasa sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
10. Tidak mengetahui keinginan konsumen
Kebutuhan berbeda dengan keinginan. Faktor ini bersifat sangat subjektif karena setiap orang mempunyai keinginan tersendiri. Pahamilah apa yang konsumen inginkan dari bisnis Anda.
0 Response to "Ketahui 10 Penyebab Terbesar Kegagalan Bisnis Online"
Posting Komentar