Salah satu aspek paling penting dalam berbisnis, baik secara online atau offline adalah kepercayaan yang diberikan konsumen. Semakin besar kepercayaan konsumen kepada Anda sebagai pelaku bisnis, semakin besar potensi keuntungan yang bisa didapatkan. Anda harus bisa mengelola bisnis dengan strategi marketing dan promosi yang tepat, tetapi jangan pernah melupakan konsumen Anda karena merekalah yang mengeluarkan uang untuk membangun Anda. Membangun kepercayaan memang sangat sulit, terutama bagi para pebisnis pemula. Mereka membutuhkan waktu yang sangat lama, bahkan sampai bertahun-tahun untuk mendapatkan konsumen yang loyal. Selain itu, setelah mendapatkan kepercayaan, ada tugas lain yang lebih berat, yaitu mempertahankan kepercayaan tersebut. Sekali Anda mengecewakan konsumen setelah menjaga kepercayaan tersebut selama bertahun-tahun, sangat kecil kemungkinannya mereka mau kembali lagi ke bisnis Anda. Peribahasa yang tepat untuk menggambarkan keadaan ini adalah “karena nila setitik, rusak susu sebelangga”. Untuk mendapatkan kepercayaan konsumen, Anda perlu menerapkan beberapa tips berikut ini.
Berikan yang terbaik
Berikan yang terbaik yang Anda bisa kepada konsumen. Jika menawarkan produk atau jasa, layanilah konsumen dengan prima. Buat mereka menjadi merasa penting dan diistimewakan. Tidak peduli siapapun konsumen Anda, kaya atau miskin, mereka pantas untuk mendapatkan layanan prima untuk setiap uang yang mereka keluarkan. Mereka tentu akan sangat menghargai usaha Anda untuk memberikan layanan terbaik. Jika menawarkan produk tertentu, Anda hanya perlu menawarkan produk berkualitas. Jangan menipu konsumen dengan mempromosikan produk tidak berkualitas yang Anda klaim berkualitas. Cepat atau lambat, konsumen akan mengetahui kebohongan tersebut dan mereka akan menyebarkan kebohongan ke calon konsumen lainnya. Ingat, reputasi bisnis Anda sangat ditentukan oleh kualitas produk yang Anda tawarkan dan konsumen selalu mencari produk berkualitas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Berkata dan bersikap jujur
Kejujuran adalah aset berharga dalam bisnis online, tidak peduli apapun yang Anda jalankan. Bisnis tidak akan bisa mendatangkan kepercayaan dari konsumen jika dikelola dengan cara yang tidak jujur. Tidak ada satu orang pun yang mau percaya kepada pembohong. Mereka tidak akan menggubris kata-kata yang diucapkan oleh pembohong tersebut dan mereka akan dijauhkan dari pergaulan sosial. Jika Anda tidak ingin dijauhi konsumen, Anda perlu bersikap dan berkata jujur. Konsumen akan lebih menghargai pedagang atau pebisnis yang jujur. Ada banyak cara untuk mendapatkan keuntungan besar dari bisnis. Anda bisa melakukannya dengan cara jujur atau tidak jujur. Jika Anda ingin menjadi pebisnis jujur, perlu waktu yang lebih lama untuk mendapatkan untung besar dan konsumen akan lebih menghargai Anda. Jika menggunakan cara yang tidak jujur, Anda hanya butuh waktu singkat untuk mendapatkan keuntungan besar karena didapatkan dari menipu orang lain. Jadi, di setiap pilihan ada konsekuensi masing-masing.
0 Response to "Inilah Tips Jitu Bagaimana Mendapatkan Kepercayaan Konsumen Anda"
Posting Komentar